PELUANG BISNIS

KARYA ILMIAH

LINGKUNGAN BISNIS

  

NAMA : JOHAN PRASETYAWAN

NIM : 14.11.8217

KELAS : 14 S1-TI 10

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

YOGYAKARTA 

 

BAB I

Pendahuluan

Latar Belakang  


         Latar belakang penulisan karya ilmiah ini adalah bagaimana cara kita menjadi seseorang bisnisman yang bisa memilih sebuah bisnis yang dibutuhkan di masyarakat dan juga kita harus bisa memilih tempat bisnis yang tepat.


Rumusan Masalah

 a. Modal


Untuk memulai sebuah bisnis, kadang kita harus rela mengeluarkan modal terlebih dahulu, karena untuk menjalankan bisnis Foto Pre-Wedding ini kita harus memiliki alat-alat, salah satunya kita harus memiliki sebuah kamera, komputer/laptop dan juga sebuah printer photo. Semua itu haruslah membutuhkan sebuah modal yang cukup besar untuk mendapatkannya. 

BAB II

ISI

Usaha Jasa Foto Pre-wedding kini kian marak dilakoni oleh Fotografer, dan banyak yang berpendapat terdapat peluang besar di dalamnya. Jadi buat Anda yang ingin memulai usaha foto pre-wedding namun mengalami kendala minimnya peralatan, jangan buru-buru menolak pesanan dari klien.  Dewasa ini, akan memberikan beberapa tips dalam memotret pre-wedding dengan peralatan minim.
  • Percaya diri 
Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan pertama kali. Sekali Anda tidak percaya diri di depan klien, maka saat itu pula sang klien akan merasakannya. Dalam bisnis foto pre-wedding, klien tidak hanya membeli hasil foto Anda, tidak hanya kemampuan Anda sebagai fotografer tetapi juga membeli kepribadian Anda. Yang kami maksud disini adalah latih kemampuan interpersonal Anda, bagaimana Anda memaparkan konsep kepada klien, bagaimana Anda membuat mood klien nyaman dan gembira sepanjang sesi foto. Tunjukkan profesionalitas meski di tangan Anda hanya sebuah kamera DSLR entry level dengan lensa kit kebanggaan. Lensa kit bukanlah produk gagal, jadi kemampuannya juga bisa diandalkan. Gear itu penting, tapi lebih penting adalah menyiapkan skill foto. Jadi Anda tahu mana dulu yang harus disiapkan
  • Konsep Kreatif
Sekarang ini banyak dijumpai jasa foto pre-wedding, apabila Anda perhatikan dengan seksama, mulai dari konsistensi konsep yang mereka gunakan, konsistensi warna dalam portofolio, dan venue foto yang sering digunakan, dan lain-lain. Masing-masing vendor memiliki karakteristik atau taste mereka sendiri. So bagaimana dengan Anda? Ciptakanlah ide kreatif sendiri yang unik tetapi diterima oleh pasar. bisa dengan mengambil tema olahraga, atau hobi dari klien Anda, seperti pada foto di bawah ini misalnya. perlu diingat perkembangan zaman sangat cepat, analisalah ekpektasi dari pasar, tinggalkan foto pre-wedding dengan konsep kedua pasangan memakai baju putih dan berpura-pura menunjuk sesuatu…
  • Maksimalkan Teknik Editing Photoshop
Configurasi color balance, mengatur saturation, dan menambah color filter bisa Anda lakukan untuk menyempurnakan foto pre-wedding. Ingat disinilah jurus pamungkas untuk menjadikan foto Anda beda. Belajarlah dari teman yang peka terhadap jiwa seni, teman dari disiplin ilmu Desain Komunikasi Visual misalnya, mereka tentunya mengetahui dasar-dasar penggunaan warna yang baik. Mintalah arahan dan advice dalam proses editing, karena apa bila editing Anda jelek (maksud kami, setiap orang bisa menguasai photoshop, tetapi apakah itu yang diminati klien Anda) tentu itu akan menghancurkan kualitas foto Anda. Jika ingin instant, unduh beberapa action yang gratis di berbagai forum, maka dengan sekali KLIK! Dapatkan foto dengan warna spesial. Terakhir, atur foto membentuk sebuah kolase yang simple dan menarik.
  • Kemas Foto dengan Baik
Tahap ini adalah tahap finishing. Cetak foto Anda di tempat terpercaya, gunakan kertas foto (doff/glossy) sesuai selera klien. Lakukan laminasi foto (juga berdasarkan kesepakatan awal). Pilihlah bingkai cantik dan minimalis (disesuaikan dengan nuansa foto). Jika masih tersisa modal, bungkuslah dengan kreatif layaknya sebuah lukisan mahal.

Langkah terakhir Anda adalah menyiapkan portofolio yang kuat, karena client bisa jatuh cinta pada pandangan pertama hanya dari portofolio. Apabila portofolio bentuk cetak mahal, mulailah dari website & social media. 
Berikut ini adalah beberapa contoh gambar hasil dari foto-foto pre-wedding :

https://fotopreneur.files.wordpress.com/2012/07/wrap14.jpg?w=551https://fotopreneur.files.wordpress.com/2012/07/wrap-5-fn.jpg?w=551  

BAB III

Penutup

Demikianlah karya ilmiah ini saya buat, semoga karya ilmiah ini bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya saya sendiri sebagai penyusun.

Kesimpulan

Carilah tempat yang tepat untuk menjalankan sebuah bisnis yang akan kita jalankan, karena dengan temapt yang tepat itu, bisnis kita akan dapat berhasil.

Saran

Karya ilmiah yang saya buat ini mungkin belum sempurnah, oleh karena itu maka saran dari para pembaca sangat saya harapkan, demi terciptanya sebuah karya ilmiah yang bisa saya buat lebih baik lagi.

Referensi
  •  fotopreneur.wordpress.com
  •  masukan dari teman-teman..
Semoga karya ilmiah diatas bisa membantu dalam penyelesaian membuat tugas Karya Ilmiah...
Terima Kasih.... ^_^

 
CONTOH-CONTOH PELUANG BISNIS LAINNYA

 JASA MENULIS ARTIKEL DALAM BLOG
 
Ada begitu banyak peluang bisnis online yang dapat digali dan dimaksimalkan untuk mendapatkan penghasilan dari aktivitas di Internet. Salah satu peluang yang dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan, baik sebagai penghasilan sampingan atau penghasilan tambahan, adalah dengan membuka jasa penulis konten untuk web atau toko online. Profesi yang lebih populer dengan sebutan content writer ini sebenarnya menarik untuk digarap jika saja kita mengetahui potensi besar yang ada dibaliknya.
      Menjadi seorang content writer tidak membutuhkan banyak modal atau keahlian yang bermacam-macam kecuali beberapa hal sederhana saja, yaitu suka membaca, bisa membuat tulisan, dan bisa mengetik. Alasan pertama sebetulnya sederhana saja, dengan suka membaca seorang content writer akan memiliki wawasan lebih luas. Lebih-lebih lagi bila ia bisa memahami, walau sedikit, isi sumber bacaan yang ia baca.
      Alasan kedua membuat tulisan, jelas ini adalah tugas utama seorang content writer. Namanya juga sudah jelas, content writer atau penulis konten (web). Dan yang terakhir bisa mengetik juga sudah jelas, masa iya seorang content writer mau mengirimkan hasil tulisannya dalam bentuk tulisan tangan pada customer. Oh iya, satu lagi yang hampir terlupa, tidak gagap internet. Kan tidak mungkin juga seorang content writer mengirimkan hasil tulisannya melalui kurir/pos.
     Lantas seberapa besar sih potensi penghasilan seorang penulis konten web (content writer)? Kecil besarnya potensi penghasilan dengan membuka jasa menulis artikel untuk web atau toko online dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor pertama adalah harga yang berlaku dipasaran. Dari mana kita bisa cek harga pasaran? Saya berikan 2 cara paling mudah. Pertama adalah cek di forum online tempat para blogger, internet marketer, dan publisher berkumpul, dan yang saya sarankan adalah forum Ads.id. Kedua adalah dengan googling dan lakukan komparasi harga yang dipasang oleh masing-masing penyedia jasa. Harga ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain jumlah kata, kemampuan penempatan SEO On Page, bahasa yang digunakan (Inggris atau Indonesia), dan masih ada beberapa faktor lainnya.
    Faktor kedua yang memberikan pengaruh terhadap kecil besarnya penghasilan penulis konten web adalah seberapa banyak orderan customer yang dapat ditangani. Tentunya akan berbeda antara seorang content writer yang mampu menghasilkan 1 tulisan perhari dengan 5 tulisan perhari (dengan kualitas yang sama bagusnya). Bila rata-rata customer membutuhkan 10 artikel tiap sekali order, maka penulis konten pertama hanya dapat menangani 3 orang customer tiap bulannya, sedangkan penulis konten kedua dapat menangani hingga 15 customer tiap bulannya.
     Oke, biar semakin tergambar saya akan berikan ilustrasi. Bila sehari seorang penulis konten mampu mengerjakan 5 artikel yang mana masing-masing artikel memiliki panjang 400-an, maka dalam sebulan (asumsi 30 hari) ia bisa menghasilkan 150 artikel. Anggaplah untuk membuat satu artikel dibutuhkan waktu sekitar 30 menit, maka untuk membuat 5 artikel dalam sehari hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Harga artikel bahasa Indonesia dengan panjang 400 kata dipasaran adalah sekitar Rp 10.000. Kita asumsikan seluruh artikel yang dibuat tadi (150 artikel) semuanya laku, maka nominal uang yang akan dihasilkan adalah Rp 1.500.000 hanya dengan bekerja 2,5 jam perhari. Apakah bisa lebih? Tentu bisa! Buat lebih banyak artikel atau naikkan harga jual per artikelnya. Ada beberapa vendor yang mengklaim bahwa kualitas artikel mereka di atas rata-rata berani memberikan harga 20-30% lebih mahal dibandingkan harga pasaran, dan mereka punya banyak pelanggan setia.

BUKA USAHA KOS-KOSAN

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTQKcT-_82S7V6oOv81FVNPs1NAAcbjKmhl65v8nc6NP6y99bjg   Bisnis rumahan kost-kostan saat ini sudah menjamur dimana-mana , fenomena urban masyarakat sekarang yang mencari pekerjaan di luar kota , atau menimba ilmu di luar kota merupakan faktor yang menyebabkan mengapa bisnis rumahan kost-kostan ini laku keras dan menguntungkan .
   Menjalankan bisnis ini tak perlu mengontrol seharian layaknya bisnis toko konvensional , karena prosesnya bisa dijalankan otomatis tanpa perlu kehadiran pemilik kost-kostan . Tipe bisnis kost-kostan ini bisa disebut sebagai bisnis sampingan yang menggiurkan karena bisa jadi pendapatan dari usaha ini jauh lebih besar daripada gaji bulanan yang Anda dapatkan . Besar-kecilnya pendapatan kost-kostan ini tergantung seberapa banyak jumlah kamar/rumah yang disediakan dan banyaknya orang yang menyewa kamar/rumah . Mirip dengan bisnis properti namun dalam skala kecil , berikut ini beberapa keuntungan yang diperoleh jika Anda membuka bisnis sampingan kost-kostan .

Modal awal besar

Untuk membuka bisnis sampingan kost-kostan ini , Anda membutuhkan modal yang cukup besar . Tentunya modal ini digunakan untuk membuat beberapa petak kamar yang bisa anda jadikan sebagai ladang emas nantinya . Jika anda memiliki sebidang tanah yang cukup luas , modal yang Anda keluarkan relatif lebih sedikit daripada yang belum memiliki tanah . Kenaikan harga bahan bangunan tiap tahun , tak menyurutkan masyarakat untuk membuat rumah atau bangunan , bahkan setiap tahun cenderung meningkat karena bisnis ini bisa dijadikan sebagai dana pensiun Anda dihari tua.

•    Pemilihan tempat yang strategis

Orang yang membutuhkan kost-kostan biasanya para pekerja dari luar kota ataupun mahasiswa luar kota . Jarang orang biasa yang bersedia untuk menyewa kamar dalam jangka waktu lama , karena kebutuhan akan kost-kostan ini sebenarnya hanya untuk tempat tidur dan menyimpan barang bawaan . Kehadiran para penyewa kost tidak akan melebihi dari 10 jam karena aktifitas diluar , apalagi seorang mahasiswa yang memiliki jadwal padat , menyewa kamar hanya diibaratkan untuk penitipan barang saja .

Terlepas dari kebiasaan ataupun kondisis penyewa kamar kost , tentunya anda harus mencari tempat strategis yang dekat dengan lokasi pabrik untuk pekerja ataupun kampus . Bersyukur jika rumah yang akan anda sewakan dekat dengan salah satu bangunan pabrik atau kampus , pastinya ketika awal tahun ajaran baru atau sehabis lebaran , rumah kost Anda akan didatangi para pencari kamar sewa .

•    Tidak perlu keahlian khusus

Untuk menjalankan bisnis rumahan ini , Anda tidak dituntut untuk memiliki keahlian / ketrampilan khusus untuk menunjang bisnis . Cukup sediakan modal diawal , lalu anda bisa tetap bekerja diluar rumah dan anda akan mendapatkan “gaji pasif” tiap bulan tanpa bersusah payah bekerja di luar rumah .

•    Perawatan mudah

Yang namanya bisnis , baik itu bisnis sampingan , bisnis rumahan , bisnis online , bisnis nyata tetap membutuhkan perawatan yang baik setiap harinya agar bisa berjalan terus . Nah untuk bisnis kost-kostan ini perawatan yang harus dijaga sangatlah mudah . Anda bisa menyuruh atau menugaskan karyawan untuk bersih-bersih rumah , membayar tagihan listrik , membersihkan kamar mandi dan pengelolaan sampah .

Para penyewa pasti akan merasa senang jika kamar atau rumah yang ia sewa selalu bersih , sedangkan para penyewa tidak memiliki waktu untuk membersihkan area kost-kostan karena keterbatasan waktu sehingga pemilik kost-lah yang bertanggung jawab akan kebersihan kost-kostan tersebut .

•    Tidak perlu kehadiran setiap hari

Bisnis rumahan kost-kostan ini tidak memerlukan kehadiran Anda setiap hari untuk memantau jalannya bisnis sehingga anda tetap bisa bekerja diluar rumah . Dengan kelebihan inilah , bisnis rumahan kost-kostan ini bisa dijadikan bisnis sampingan menggiurkan yang menjanjikan , terlebih jika Anda mengingikan dana pensiun dini maka ini merupakan solusi tepat .

•    Keuntungan didepan mata

Image result for keuntunganBisnis ini tidak seperti jualan produk yang bisa kena rugi . Bisnis kost-kostan hampir dipastika menguntungkan setiap saat . Pendapatan yang diperoleh berbanding lurus dengan jumlah kamar yan g disediakan dan jumlah penyewa kamar . Semakin banyak kamar yang disewa semakin besar pula pendapatan yang didapat . Akan tetapi , tarif yang Anda tentukan juga harus berbanding lurus dengan fasilitas yang disediakan dan juga melihat kompetitor .

Untuk tarif normal di kota-kota besar seperti Bandung , Surabaya untuk kawasan Perkampusan , tarif perbulan berkisar antara Rp 200.000-Rp 400.000 untuk kamar dengan fasilitas non ac , kamar mandi di luar , ukuran kamar 3x4 m . Sedangkan untuk kamar VIP dengan fasilitas ac , kamar mandi dalam , ukuran 3x4 tarif yang dikenakan sebesar Rp 500.000- Rp 800.000 . Dan yang tak kalah penting adalah akses menuju tempat aktifitas , semakin dekat dengan lokasi semakin mahal pula harga yang dikenakan meskipun fasilitas yang didapat normal .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar